Isu KPU Ditekan Bawaslu: KPU Harus Jelaskan ke Publik Pengambilan Keputusannya

Selasa, 07 Juli 2009 , 23:20:13 WIB
Isu KPU Ditekan Bawaslu: KPU Harus Jelaskan ke Publik Pengambilan Keputusannya

Media: Detikcom Tanggal: Selasa, 07/07/2009 23:00 WIB

Sekretaris Tim Kampanye SBY-Boediono, Marzuki Ali, mengaku di-SMS salah seorang anggota KPU. Dalam sms itu, anggota tersebut menyebut KPU telah diintervensi oleh pihak tertentu dalam mengambil keputusan terkait penyisiran bersama DPT antara tim kampanye dengan KPU.

Menanggapi hal ini, Ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini mengatakan KPU harus menjelaskan ke publik mekanisme pengambilan keputusan tersebut. Hal ini untuk menghindari persepsi publik bahwa KPU tidak menjaga independensi dan imparsialitasnya.

"Internal KPU harus menjelaskan itu. Harus diklarifikasi apakah pengambilan keputusan yang dilakukannya memang terpangaruh atau tidak," kata Sardini saat dihubungi detikcom , Selasa (7/7/2009) malam.

Sardini mengatakan, sebagai lembaga penyelenggara pemilu hal yang paling harus dijaga oleh KPU adalah independensi, fairness, dan imparsialitas. Dengan demikian, jika ada salah satu anggota yang merasa KPU mendapat tekanan atau intervensi, hal itu harus dibahas bersama seluruh komisioner.

"Kalau memang merasakan, terbuka saja dan diungkapkan. Yang merasakan kan pihak yang bersangkutan. Harusnya dibicarakan dengan anggota yang lain," lanjut Sardini.

Lebih jauh Sardini mengatakan, jika hal ini sudah menyangkut kepentingan publik, KPU harus meresponnya secara serius.

"Harus dijelaskan secara terbuka karena ini menyangkut lembaga yang harus independen. Kalau demikian halnya akan muncul dugaan publik bahwa mereka tidak bekerja sebagaimana seharusnya," kata Sardini.