Bawaslu - Komnas HAM Gelar Seminar DPT

Jum'at, 16 April 2010 , 08:16:08 WIB
Bawaslu - Komnas HAM Gelar Seminar DPT

Tanggal: Jumat, 16 April 2010

Bawaslu - Komnas HAM Gelar Seminar DPT

Jakarta, Bawaslu - Dalam Rangka Pengawasan Atas Pemenuhan Hak Dasar Warga Negara Dalam Memberikan Suara Bawaslu bersama Komnas HAM akan menggelar Rakor dan Seminar pada tanggal 21 April 2010, bertempat di Hotel Manhattan, Ruang Grand Capitol Ballroom Lantai 5 Jl. Prof. Dr. Satrio Casablanca Kuningan Jakarta Selatan.

Bambang Eka Cahya Widodo anggota Bawaslu menjelaskan.” latar belakang diadakannya rakor dan seminar ini adalah carut marutnya persoalan tahapan Penetapan Daftar Pemilih DPT pada Pemilu terdahulu, karena hal ini menyangkut hak warga negara”.

“Terdapat perbedaan kepentingan (interest), subtansial dan kultural dalam pengawasan DPT Pemilu DPR, DPD dan DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2009 dengan Pemilu Kada Tahun 2010. Hal ini tentunya perlu diatur lebih lanjut terkait strategi pengawasan preemptif maupun preventif pengawasan DPT”, paparnya lebih lanjut.

Rakor dan seminar bertujuan selain untuk sebagai referensi dalam Pemilu Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2010 dalam mengidentifikasi permasalahan DPT, juga sebagai langkah pencegahan terhadap penghilangan hak dasar warga Negara dalam memilih pada Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2010 dan mensosialisasikan pola-pola pengawasan, pencegahan dan penanganan pelanggaran dalam Pemenuhan Hak Dasar Warga Negara.

Rakor dan seminar merupakan rangkaian dari kegiatan antara Bawaslu dan Komnas HAM, yang sudah ditandatangani beberapa waktu yang lalu.

Selain Ketua Bawaslu akan hadir sebagai narasumber Ketua Komnas HAM, Ketua KPU, Dirjen Adminduk Kemendagri, Ketua Komisi II DPR RI, Organisasi Pemantau Pemilu (Cetro) dan Organisasi Penggiat Ham (ELSAM).

Seminar akan dihadiri oleh Panwaslu Kada Provinsi yang sedang melaksanakan Pemilu Kada, Pemantau Pemilu, Organisasi Penggiat HAM, kalangan Universitas, Sekretariat BAWASLU dan Setjen KOMNAS HAM. (DW)