Bawaslu Gelar Workshop Terkait Pengawasan Pemilu Kada 2010

Minggu, 20 November 2011 , 19:50:06 WIB
Bawaslu Gelar Workshop Terkait Pengawasan Pemilu Kada 2010

Cikarang, 12 Maret 2010

Cikarang-Bawaslu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar workshop finalisasi penyusunan Kalender Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara, Pergerakan Surat Suara dan Rekapitulasi Perolehan Suara, Penguatan Strategi Pengawasan Dana Kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilu Kada) tahun 2010.

Workhsop ini terkait dengan pedoman teknis Pengawasan Pemilu Kada tahun tersebut, Bawaslu telah menyusun 3 (tiga) Kalender Pengawasan, yaitu Kalender Pengawasan Pemilu Kada terkait tahapan Penetapan Daftar Pemilih, tahapan Pendaftaran dan Penetapan Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, serta Tahapan Kampanye. Namun pedoman teknis yang belum final adalah terkait dengan Tahapan Pemungutan Suara, Tahapan Penghitungan Suara, dan kegiatan Pemilu Kada non tahapan serta penyempurnaan strategi pengawasan dana kampanye.

Berdasarkan hal tersebut maka menjadi kebutuhan strategis dan mendesak untuk mengadakan workshop ini dalam rangka menggali informasi, saran, dan masukan dari berbagai narasumber. Sehingga untuk menyusun kalender pengawasan tersebut, Bawaslu mengundang Koalisi Masyarakat Peduli Pemilu (KMPP) yang memang fokus dalam kegiatan Pemilu baik Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD, Pemilu Presiden/Wakil Presiden maupun Pemilu Kada.

Untuk diketahui, di KMPP bergabung berbagai lembaga swadaya masyarakat yang fokus dalam Pemilu, yakni Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Indonesia Budget Center (IBC), Indonesia Corruption Watch (ICW), Forum Masyarakat Peduli Pemilu (FORMAPPI), Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Indonesia, Sindikasi Pemilu dan Demokrasi, Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN), Komite Pemilih Indonesia (TePI), Sinergi Masyarakat Indonesia untuk Demokrasi (Sigma), Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Centre for Electoral Reform (Cetro) dan Indonesia Parliamentary Center (IPC), Persatuan Wartawan Indonesia Pemantau Pemilihan Umum (Mappilu PWI).

 

Bawaslu mengharapkan masukan dari KMPP untuk menyusun kalender pengawasan. Ada tiga pembahasan untuk kalender pengawasan tersebut yakni pengawasan terhadap Tahapan Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara, pengawasan terhadap Tahapan Pergerakan Surat Suara dan Rekapitulasi Perolehan Suara dan Penguatan Strategi Pengawasan Dana Kampanye.

Untuk mempermudah pembahasan tersebut, di dalam workshop ini dilakukan dalam dua bentuk yakni diskusi terbuka dan diskusi kelompuk, Diskusi terbuka berupa hasil pemaparan para narasumber yang akan diperkaya melalui sesi tanya jawab atau sharing pengalaman. Sedangkan diskusi kelompok yang akan dipandu oleh Fasilitator dari Anggota dan Tim Asistensi Bawaslu.