Sesampai di Lasusua [3]

Jum'at, 23 Maret 2012 , 10:27:44 WIB
Sesampai di Lasusua [3]

Tak terasa kami memasuki Kota Lasusua, ibukota Kolaka Utara. Entah apa yang dilamunkan sang sopir, arah mobil ke kiri bukan lurus ke Lambai. Sang sopir percaya diri saja. Dia ikuti dua mobil di depannya hingga mentok ke bibir pantai. Belakangan saya tahu itu Pantai Lambai, Teluk Bone. Wah nyasar nih mobil. Sopir turun dan seorang informan menyadarkan bahwa mobil salah arah. Tersesat rupanya. Saking asyiknya omongin perkara negeri.


Namun justru itu yang membuat lepas dari pemeriksaan polisi. Di Lambai tadi, bila lurus ada pos polisi, nah di situ semua mobil luar kota diperiksa KTP atau tanda pengenal lain. Ada sebuah mobil brimob, dengan serombongan polisi, menyetop setiap yang masuk ke ibukota Lasusua. Dengan mobil kami mengarah ke kiri dulu, lalu balik lagi sehingga ke kiri lagi, akhirnya kami bisa melenggang kangkung. Mungkin polisi merasa bahwa mobil kami orang dalam kota, tak perlu diperiksa.

Saya tanya ke sopir, apakah setiap hari memang ada pemeriksaan sejenis? Dia yang sering melakukan perjalanan seperti ini, menjawab tak pernah bertemu dengan pemeriksaan ini. "Mungkin karena menjelang pencoblosan?", kata saya. Dia jawab sangat mungkin. Karena katanya, jelang Pilkada ini, terbetik kabar akan ada mobilisasi massa pemilih dari luar kota. Maka mungkin itulah polisi melakukan pemeriksaan kepada setiap yang masuk ke kota Lasusua ini.

Sesampai Kota Lasusua, perjalanan kami dipandu ketua Panwaslu Kolaka Utara menuju penginapan. Tapi sial bagi kami, mobil yang kami tumpangi, bannya kempes karena bocor. Untung saja bocornya sudah berada di kota dan bukan lagi di tengah perjalanan. Gak kebayang deh bila harus mengganti ban serep di tengah hutan yang gelap gulita. Syukur alhamdulilah.

Saat lagi mengganti ban serep, ketua Panwas Kolaka Utara datang menjemput kami. Kami ganti mobil, menuju ke penginapan selama kami di ibukota Kolaka ini. Nama hotel itu adalah Sua Sewindu. Ngobrol dengan Muh Tang, Ketua Panwas ini melaporkan perkembangan terkini Kolaka Utara jelang hari pencoblosan. *



Lasusua, 16 Maret 2012