Robert Dipilih, Sekretariat Bawaslu Segera Terbentuk

Jum'at, 04 Juli 2008 , 09:09:19 WIB
Robert Dipilih, Sekretariat Bawaslu Segera Terbentuk

Kompas, 4 Juli 2008

Jakarta, Kompas- Setelah menunggu hampir tiga bulan, Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu segera memiliki sekretariat Bawaslu. Sekretariat yang bertugas menjalankan kegiatan operasional sehari-hari Bawaslu ini diharapkan akan mengurangi beban kelima anggota Bawaslu, uang selama ini juga disibukkan dengan kegiatan kesekretariatan.

Menteri Dalam Negeri Mardiyanto di Jakarta, Kamis (3/7), menjelaskan, sektertaris Bawaslu sebagai pimpinan sekretariat Bawaslu sudah diputuskan sejak pekan lalu. Mendagri menunjuk staf Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan politik Departemen dalam negeri Robert Simbolon, sebagai sekretaris Bawaslu.

Karier Robert sebelumnya adalah sebagai Kepala Bagian Umum Ditjen Kesatuan Bangsa dan Politik Depdagri. Namun, ia mengundurkan diri pada tahun 2005 untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Samosir, Sumatera Utara. Setelah gagal dalam pemilihan kepala daerah, Robert kembali sebagai staf di Depdagri.

Selama ini tugas kesekretariatan Bawaslu ditangani secara langsung oleh anggota Bawaslu dengan dibantu oleh sejumlah staf khusus yang diambil dari berbagi lembaga yang mengawasi Pemilu. Terbentuknya Sekretariat bawaslu diharapkan akan segera menyelesaikan berbagai persoalan pendukung Bawaslu yang hingga kini belum tuntas

?Dengan terbentuknya sekretariat Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu harus lebih intens melaksanakan tahapan pemilu karena anggaran sudah ada di KPU, bukan di Depdagri. Nanti kalau sekretaris Bawslu sudah dilantik, pasti bisa berjalan,? kata Mardiyanto.

Robert yang dimintai tanggapannya atas penunjukan dirinya hanya menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas. Rencananya Robert akan dilantik pada selasa mendatang.

Secara terpisah, ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini menyabut gembira terbentuknya sekretariat Bawaslu. Bawaslu berharap sekretaris terpilih dapat segera mencarikan kantor yang repsesentatif untuk mendukung kinerja Bawaslu.

Selama ini Bawaslu hanya menempati beberapa ruang yang sempit, tak ada peralatan dan tenaga memadai, membuat kenerja sekretariat Bawaslu rendah.(MZW/SIE)