Perjalanan ke Lasusua Kolaka Utara [1]

Jum'at, 23 Maret 2012 , 10:09:18 WIB
Perjalanan ke Lasusua Kolaka Utara [1]

Pagi buta aku sudah berada di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Seorang staf sudah di sana saat aku tiba. Menyusul kemudian staf pendamping untuk Dinas Luar (DL) ini. Tujuan perjalanan ini ke Kab Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kami mendapat tugas untuk mengawasi pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara, Pemilu Kada Kab Kolaka Utara Sulawesi Tenggara, pada Ahad 19 Maret 2012 lusa.


Posisi kami sekarang berada Ibukota Kolaka, Sultra. Kami berhenti untuk makan malam dan meluruskan kaki-kaki kami, yang sejak berangkat dari Kota Kendari tadi tak sempat berhenti untuk istirahat pun. Belum waktunya makan malam sebenarnya. Hanya kata driver yang mengantarkan kami, bila tak mengambil kesempatan makan di sini sekarang, nanti di perjalanan agak sulit cari makan. Kami mengikuti saran Pak Amien, driver kami itu karena memang berpengalaman dalam urusan ini.



Senja di Ibukota Kolaka, Sultra. Kami berhenti untuk melepas penat. Sekalian sholat magrib dan makan malam. Sejak berangkat pukul 14.00 WITA tadi, kami belum berhenti barang sejenak pun. Padahal jarak Kendari-Kolaka ini 170 km. Syukur, sepanjang perjalanan lancar. Hanya kelak-kelok, naik-turun, dan kondisi jalan yang kadang berlubang, membuat tak nyaman. Salah seorang di antara kami muntah-muntah. Puyeng katanya.



Maka Istirahat, Salat, dan Makan malam (Isoma) ini cukup melegakan. Membuat kondisi badan terasa enak. Selonjor kaki, gerak badan sedikit, goyangkan kaki, pulih rasa penat di kujur badan kami. Makan malam serba ikan menambah segarnya badan. Senja di Kolaka ini tampak indah. Tampak pula alun-alun kota. Bersih terasa, sulit ditemukan sampah. Pantas apabila kabupaten ini langganan peraih Adipura. Sang surya perlahan pergi, datang petang. Isyarat magrib telah tiba.



Perjalanan dilanjutkan. Jarak Kolaka-Kolaka Utara 150 km. Kata driver jarak sejauh itu bakal ditempuh dalam waktu kira-kira 3 jam. Moga lancar perjalanan, selamat hingga tujuan. Ibukota Tolaka Utara tengah menanti kedatangan kami. Di tempat tujuan, berarti memungkasi delapan perjalanan, sejak Kendari-Kolaka serta Kolaka-Kolaka Utara. Jarak waktu tempuh ini sama dengan perjalanan Semarang-Jakarta *



Kolaka Utara, 16 Maret 2012.