Cilacap [3] Partisipasi dan Kapasitas

Rabu, 11 April 2012 , 10:39:28 WIB
Cilacap [3] Partisipasi dan Kapasitas

Forum pembukaan Bimbingan Teknik (Bimtek) ini dihadiri tak saja kalangan dalam di Panwas, pula unsur Muspida Cilacap serta para pemangku kepentingan lain. Dalam seni public speaking, setiap sambutan mengharuskan kita untuk melihat siapa yang mendengarkan sambutan kita. Ini diperlukan agar materi yang disampaikan tak lepas konteks dari kepentingan lembaga. Oleh karena itu saya menempatkan posisi dan kepentingan kelembagaan, khususnya buat kebaikan Panwaslu Cilacap.

Apa kepentingan lembaga dimaksud? Tak lain untuk menampilkan visi, misi, dan langkah yang telah, sedang, dan rencana kerja pengawasan Pemilu ke depannya. Di manakah letak kepentingan dimaksud? Letak atau relevansinya terkait dengan tugas pokok dan fungsi dari lembaga yang kita kelola. Dalam situasi sepenting seperti saat ini, maka menampilkan citra dengan basis pencapaian visi, misi, dan program apa yang akan dilakukan.

Pihak lain biar paham dengan apa yang kita lakukan. Karenan banyak hal yang sudah dilakukan Bawaslu, tapi banyak yang tak diketahui oleh publik. Sementara itu minimnya pemahaman publik kepada lembaga ini, memengaruhi derajat dukungan publik kepada lembaga. Padahal dukungan publik itu sendiri merupakan bibit unggul derajat partisipasi politik. Apalagi Panwas, tanpa partisipasi khalayak tak banyak artinya.


Beberapa poin di atas yang saya sampaikan dalam sambutan pembukaan. Di samping itu, setiap hal yang terjadi dalam pengawasan Pemilu, tergantung pada bagaimana kiprah Panwaslu di lapangan. Di sini kata kuncinya adalah koordinasi dan sinergi. Namun langkah koordinasi dan sinergi tak berdiri sendiri apabila tak didahului dua hal yang pertama dan utama, yakni kapasitas dan integritas.

Seorang anggota Panwas harus memiliki kapasitas yang memadai. Syarat agar memiliki kapasitas pahami dan pedomani ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pahami benar metode, pendekatan, dan strategi pengawasan Pemilu, selain seluk-beluk Pemilu itu sendiri.

Cilacap, 7 April 2012