Dilantik Presiden Sebagai Anggota DKPP (1)

Jum'at, 15 Juni 2012 , 13:28:59 WIB
Dilantik Presiden Sebagai Anggota DKPP (1)
Pada Selasa (12/6) pukul 16.00 WIB, aku dilantik sebagai anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Aku tidak sendirian, berbareng dengan keenam anggota DKPP yang lain, yakni Idha Budhiati (KPU), Nelson Simanjuntak (Bawaslu), Prof Jimly Asshidiqie (DPR), Prof Abd Bari Azed (Pemerintah), Valina Singka Subekti (Pemerintah), dan Pdt. Saut Hamonangan Sirait (DPR).

Pelantikan digelar di Istana Negara, dengan dihadiri Menteri Kabinet Indonesia Bersatu III serta pimpinan lembaga tinggi negara. Tampak di sebelah kanan Presiden Ketua DPR RI Marzuki Alie, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Mendagri Gamawan Fauzi, Mensesneg Sudi Silalahi, Menlu Marty Natalegawa, Menhut Zulkifli Hasan, Ketua KPU, Ketua DPD Irman Gusman, Kapolri Timur Pradopo, Panglima TNI lengkap dengan Kasad, Ksau, Kasal, para keluarga mereka yang dilantik, dan tamu undangan lainnya.

Sama dengan yang lainnya, aku diminta untuk datang sejam sebelum acara. Ini untuk gladi bersih persiapan pelantikan. Wajar kalau akhirnya pelantikan berjalan lancar dan khidmat. Pelantikan didahului dan diakhiri dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Lalu pembacaan Keputusan Presiden No 57/P Tahun 2012 tentang Pengangkatan Anggota DKPP Masa Tugas tahun 2012-2017. Prosesi dilanjutkan dengan pembacaan sumpah/janji. Terakhir pemberian ucapan selamat kepada yang dilantik.

Usai pelantikan segenap anggota DKPP langsung ke kantor Bawaslu. Kami menggelar pleno pertama dengan agenda pemilihan Ketua DKPP. Secara aklamasi Prof Jimly terpilih secara bulat melalui musyawarah mufakat. Pleno pemilihan ketua dipimpin oleh Ida Budhiati. Ini karena ada usulan dari aku bahwa lazimnya pleno pertama adalah istimewa. Maka yang memimpin adalah anggota yang usianya paling muda atau paling tua.

Usai pemilihan ketua, kendali forum diserahkan dari mBa Ida ke Prof Jimly. Pak Ketua langsung membuka forum untuk menerima masukan agenda apa yang hendak dilakukan. Aku mengusulkan sejumlah hal yang sudah aku persiapkan sebelumnya. Di samping itu sejumlah anggota mengusulkan untuk merekap kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan. Prof Jimly mengiyakan semuanya, karena tampaknya itu yang sudah dipersiapkan. Sebelum ditutup, ada gagasan untuk menggelar konperensi pers esok hari. Kepala Sekretariat Bawaslu ex officio Sekretaris DKPP Gunawan Suswantoro diminta untuk menyiapkan segala sesuatunya. *

Tanah Betawi, 12 Juni 2012